Pecinta MotoGP, Masih di Mandalika? Kenali Yuk Makanan Khas Mandalika, Lombok Yang Perlu Kamu Coba!

Beberapa hari kemarin Mandalika International Street Circuit menjadi lokasi pengadaan acara besar Balap Motor Kelas International, MotoGP. Mungkin kamu adalah salah satu warga Indonesia yang datang ke lokasi tersebut untuk melihat langsung idolamu di sirkuit. Setelah kamu selesai menonton, apakah kamu menyicipi makanan khas Mandalika? Apa aja sih makanan khas Mandalika yang mendunia?
Sama spesialnya dengan MotoGP, citra rasa makanan khas Mandalika juga cukup menarik dan akan sulit ditemukan di kota lain. Yuk, simak penjelasan berikut ini!
1. Ayam Rarang
Terlihat sangat meggiurkan bukan? Kenali olahan ayam dengan bumbu pedas khas Mandalika, yakni ayam raring. Bumbu dari ayam ini sendiri terbuat dari olahan sambal goreng cabai rawit dan biasa disebut sebagai bumbu plecing oleh masyarakat sekitar. Ayam rarang terkenal nikmat, pedasnya sesuai, empuk, dan sangat mudah dinikmati karena dalam proses memasaknya ayam rarang memanfaatkan kekayaan rempah-rempah Indonesia yang alami dan jenis ayam yang dipilih ialah ayam kampung.
2. Ayam Taliwang
Tidak asingkah dengan makanan satu ini? Ayam khas Nusa Tenggara Barat ini namanya Ayam Taliwang. Ayam ini tidak kalah pedas dengan ayam rangrang. Namun kenikmatan kuliner ini tidak perlu diraggukan lagu, kombinasi ayam dengan bumbu tradisional khas Mandalika ini cocok untuk lidah masyarakat local. Rasanya sudah jelas tidak perlu diragukan lagi, dijamin akan membuat semua orang terutama yang suka pedas akan langsung mencintainya.
Selain dari rasa peda, ayam taliwang ini memiliki rasa pedas manis yang khas dengan rempah rempah yang berlimpah. Ayam ini biasa disajikan dengan nasi hangat. Tidak hanya masyarakat Indonesia yang menyukainya, banyak wisatawan dari mancanegara yang tidak dapat melupakan rasa nikmat dari ayam ini. Ayam Taliwang sudah cukup mendunia loh! Makin penasaran? Cobain ayam ini dan rasakan kenikmatannya!
3. Sate Bulayak
Jika kamu di Mandalika, belum pas kalau belum makan Sate Bulayak. Apa bedanya dengan sate lain? Ternyata bumbu dari Sate Bulayak ini khas sekali loh, sate ini mengombinasikan antara santan dan kacang tanah sangrai dalam pembuatan bumbunya, sehingga cita rasa dari bumbu ini sendiri akan tercipta menyerupai bumbu kari. Selain itu, bukan lontong biasa, Sate Bulayak menggunakan lontong yang juga menarik, yakni lontong yang dibungkus dengan menggunakan daun aren/kawung dipadukan dengan kacang tanah menyebar di dalamnya.
4. Sayur Ares
Tahukah kamu bahwa pelepah batang pisang muda dapat diolah menjadi sayur? Ini dia kawan, Sayur Ares. Sayur dengan pelepah pisang yang dikombinasikan dengan rebung alias batang bambu muda, juga dengan santan bumbu merah, serta daging atau tulang ayam. Kombinasi yang pas membuat sayur ares ini sangat nikmat untuk dinikmati. Jukut ares atau sayur ares ini sangat cocok disantai saat turun hujan untuk menghangatkan tubuh. Selain daripada kaldu nya yang enak, sayur yang menjadi pelengkappun sangat nikmat untuk dimakan sehari-hari. Kamu juga dapat menyantapnya dengan nasi, sehingga sayur ares ini dapat dituangkan ke nasi anda dan menjadi hidangan yang menyegarkan.
5. Plecing Kangkung
Makanan apakah ini? Menyerupai salad bagi orang mancanegara dan seperti gado-gado bagi warga lokal. Kamu pasti pernah mendengar namanya, plecing kangkung. Selain tersedia di Bali, makanan ini ternyata juga dapat kamu temukan di Lombok. Ternyata terdapat perbedaan antara plecing kangkung Bali dan Lombok, apa saja?
Plecing kangkung Bali tidak selalu menggunakan tauge, tidak memiliki parutan kelapa di atasnya, dan menggunakan biasanya ditambahkan dengan ayam betutu. Sedangkan banyak ditemukan bahwa plecing kangkung Lombok disajikan dengan tauge, parutan kelapa di atasnya, dan bersama ayam taliwang khas Lombok.
Cita rasa pedas dari plecing kangkung menjadi daya tarik tersendiri untuk dapat menjadi terkenal serta dapat menambah nafsu makan kamu.
6. Sambal Beberuk Terung
Seperti capcay tapi bukan, makanan apa ini? Berikut ini adalah sambal beberuk terung. Apa itu sambal beberuk terung? Sambal ini memiliki komposisi bahan yang terdiri dari sayur-sayuran segar, seperti tomat, potongan terung bulat, dan irisan kancang Panjang ditambah dengan siraman sambal cabai yang merah dan pedas. Cara paling cocok untuk menyantap sambal beberuk terung adalah dengan menyantapnya bersama hidangan seafood atau bisa juga dengan ayam taliwang. Makanan ini cocok untuk para pecinta makanan sehat tapi dibalut unik dengan rasa pedas yang membekas dilidah.
Jadi, kalau kamu masih di Mandalika, Lombok atau akan pergi kesana, disarankan untuk mencoba salah satu makanan diatas agar kamu dapat tidur nyenyak tanpa rasa penasaran lagi.